akhirnya saya amati, telusuri, ternyata ada pola yang bisa disimpulkan kenapa buku tersebut bisa best seller
dari sependek analisa dan pengetahuan saya, ada jurus 4P yang membuat buku itu laku
apa itu 4P, 4P ini penamaan saya agar mudah diingat saja. hihi namun pola ini ternyata dipakai oleh penulis-penulis buku best seller
PENGEN TAHU. Buat calon pembeli pengen tahu, Atau bahasa gaulnya bikin pembeli PENASARAN. Kita bikin kepo calon customer kita.
Zaman sekarang,kebanyakan orang malas kalau langsung ditembak jualan. Coba Tarik perhatiannya dulu. intinya bikin calon pembeli berhenti sejenak memperhatikan buku yang akan kita pasarkan. mungkin bilang, "apa sih?" "cover buku apa sih?" nah kalau kayak gitu calon pembeli udah tertarik perhatiannya. Film baru, biasanya ada trailernya dulu jauh-jauh hari. Tujuannya supaya calon penonton penasaran. kayak AADC2, ada film pendeknya dulu. di LINE. Banyak orang yang penasaran kelanjutannya si rangga dan cinta tersebut. Nah buku yang akan kita terbitkan, kita buat calon customer penasaran. Banyak cara, bikin tulisan secara kontinu, di sosmed kita, beberapa pilihan cover. Dan lain sebagainya.
yang pertama bikin penasaran
Lanjut ke P yang kedua ya. PENGEN BELI.
Setelah di bikin penasaran, customer dibuat supaya pengen beli. Strategi ini bisa dengan system Pre Order dengan harga lebih ekonomis, dikasih bonus ato benefit lain yang berguna misalkan beli buku gratis tiket pesawat, beli buku bonus voucher belanja,beli buku bonus foto saya, lho.. he.. becanda. pokoknya dibikin kalau gak beli sekarang nyesel deh, rugi banget pokonamah calon pembeli galau dan bikn meringis kalau nggak eksekusi sekarang untuk beli. karena benefitnya banyak banget, karena bonusnya wow abis. sulit untuk ditolak.
Sip jadi yang kedua buat calon customer langsung buka dompet atau gesek atm untuk beli.
Terus P yang ketiga PUAS. Strategi ini maksudnya customer terPUASkan setelah membeli produk kita. Ini berhubungan dengan produk. Berhubungan dengan buku yang kita jual. berhubungan dengan after sales juga. Oleh karena itu apapun produknya termasuk buku HARUS produk yang berkualitas dan juga memberikan service excelent pasca customer beli buku.
kenapa customer harus terpuaskan?
Setelah dibuat penasaran dibuat pengen beli, dan setelah beli customer harus terpuaskan?
terpuaskan secara produk (buku) maupun service after sales
karena jika customer terpuaskan, customer/pembeli berdasarkan pengalaman akan menyampaikan informasi itu minimal ke orang terdekatnya tanpa diminta oleh kita. dan ini promosi paling mujarab. Paling ampuh yang saya rasakan berdasarkan pengalaman.
Bagaimana membuat pembeli tanpa sadar menjadi team marketing kita. Pembeli merekomendasikan ke teman atau keluarga untuk memiliki produk kita. Oleh karena itu dalam sisi strategi pemasaran. Membuat puas customer dengan produk kita ini menjadi langkah yang jangan sampai terlewatkan.
kalau bahasanya kang dewa, buku bagus mempromosikan dirinya sendiri. karena customer terpuaskan
Setelah customer dibuat pengen tahu, pengen beli dan terpuaskan, kita meluncur ke P yang ke- 4. yaitu PASRAH.
Mksudnya apa kang kok pasrah?penamaan pasrah ini mah akal-akalan saya karena di awali hurup P, hehe. Tapi Maksud utamanya pasrahkan kepada TUHAN YME. Tawakal kepada ALLOH SWT. Sebenarnya gak tahu ini strategi apa bukan, tapi langkah ini selalu disampaikan para penulis best seller bahwa HARUS DILAKUKAN. libatkan penggenggam segala kejadian dalam launching buku kita. dalam penjualan buku kita. Alloh lah penggenggam segalanya. Allohlah yang menggerakkan hati setiap pembeli tuk mengirimkan uangnya ke kita. maka deketin yang menggerakkan hati pembeli. So, kalau sudah berihktiar secara optimal dan maksimal,kita serahkan kepada sang MAHA pembuat keputusan. Inget ya saya ulangi lagi syaratnya. Kalau sudah berihktiar secara optimal dan maksimal. Jadi P yang keempat ini intinya Minta Sama Alloh (Alloh Dulu Alloh Lagi Alloh Terus). Jurus langitan banyak yang menyebutnya seperti itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar