Selasa, 23 Mei 2017

The Warna academy


Ada banyak aktifitas dan pola perilaku yang berubah saat Ramadhan, mulai dari jam bangun tidur, jam tidur, jam kerja, intensitas ibadah dll. Begitu pula dengan dunia online, dari mulai jam online, berapa lama waktu onlinenya, belanja online dll. Nah poin terakhir ini yang perlu jadi perhatian kita. Silakan simak data-data berikut.

Berdasar data yang dirilis oleh Facebook, selama Ramadhan, pengeluaran orang-orang akan meningkat sebesar 56% lebih besar ketimbang bulan-bulan lain selama satu tahun.

Kemudian aktifitas belanja online via gadget akan meningkat 4,84 kali lipat lebih banyak, 76% diantaranya adalah belanja pakaian alias kebutuhan fashion. Dan 47% diantaranya sudah menyiapkan rencana belanja fashion itu dari satu bulan sebelumnya. See? Udah gatel belom tangannya buat buru-buru posting jualannya? Hahaha
itu brarti termasuk ke dalam 47% tadi

Mungkin sebagian dari temen-temen disini udah biasa ya bangun di sepertiga malam (terutama muslim), namun pas Bulan Ramadhan tiba maka hampir semua muslim terbangun dan santap sahur. Nah buat temen-temen yang non-muslim musti nih nyesuain jadwal juga nih kalo mau ketiban rejeki nomplok.

Dari data yang dirilis Facebook lagi nih, peningkatan aktifitas online terjadi pada jam 3 subuh. Ini adalah peak hours, trafik online sangat padat di jam ini.

Orang sambil nunggu masakan jadi, biasanya sambil buka2 facebook, instagram, market place.

Berawal dari iseng2, nah biasanya nemu postingan belanjaan yg cocok, ehhh belanja tu ujung2nya.

Kemudian di jam berapa lagi mulai peningkatan aktifitas onlinenya?

Di jam menjelang berbuka puasa, alias jam 5 sore. Selain jalanan yang padat oleh orang-orang yg nyari takjil, aktifitas online jg ga kalah padat.

Kemudian ini nih, jam setelah sholat taraweh.
Jam 21.00

Ini adalah jam dimana orang mulai berbelanja online.

Beda dengan bulan-bulan biasanya yang justru pagi - sore hari orang belanja online, karna jam operasional bank, pengen ikut pengiriman di hari itu juga dll. Nah di ramadhan justru terbalik, orang belanja online justru malam.

Jawabannya bisa dengan mempraktekkan video facebook marketing yang sudah ada di web member area.

Banyak opsi yang bisa dipakai, jika temen-temen jualannya di Facebook ;

Untuk facebook personal alias facebook pribadi silakan bikin postingan-postingan yang bermanfaat, misal postingan tentang tips kesehatan di bulan ramadhan, tips belanja di bulan ramadhan agar tidak boros alias tidak membengkak, tips liburan saat lebaran, tips mudik, tips menjalani bulan ramadhan yg baik, dll. Konten postingan ini bisa dicari di google. Tidak harus bikin sendiri. Silakan pikirkan konten bermanfaat lain.

Kemudian sesekali silakan sisipkan postingan jualan temen-temen. Jangan jualan secara brutal. Ntar mual juga orang ngeliatnya kalo isinya jualan mulu hehehe

Nah buat yang udah main di Facebook Fanspage, silakan bikin postingan serupa lalu gunakan Facebook Ads. Ada yang belom tau Facebook Ads? Pasti banyak karna video dari sy belom ditonton 😅

Kemudian lakukan hal yang sama buat temen-temen yang biasa jualan di group facebook.
Kuncinya adalah KONSISTEN!!

Mau untung gede? Ya konsisten!

Hal yang sama juga temen-temen lakukan di Instagram, Path, Marketplace atau dimanapun temen-temen bermain. Intinya adalah sharing-sharing dahulu, untung-untung kemudian.

Nah setelah mendapatkan calon prospek (orang pada komen, ngelike, ngeshare, nginbox dll) barulah kita arahkan ke Whatsapp.

Caranya dengan menggunakan Link Whatsapp yang sudah pernah sy share di grup fb the warna.

Agar apa? Agar efektif dan simpel.

Karna di bulan ramadhan ini udah pasti saingan produk fashion itu bejibun-bejibun. Siapa yang bisa ngelayanin calon konsumen dengan baik, ya dia yang menang.

Karna prinsipnya calon konsumen gak mau ribet. Di toko ini gak cocok, ya gampang tinggal pindah toko lain. Ya tho?

So, bersiap diri di jam-jam peak hours tadi buat temen-temen yang emang pengen serius ngeruk penghasilan yang lumayan di bulan ramadhan, dan layani calon pelanggan dengan baik.

Sy koreksi pertanyaannya ya,
Lebih Maksimal yg mana mas, posting di akun personal langsung atau pake fb Ads ?

Jawab :
Jelas pake fb ads, karna bisa menjangkau ribuan, puluhan ribu, hingga ratusan ribu orang. Sedang di fb personal sangat terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar