Dalam bisnis, tingkat TRUST pembeli ke si penjualan jadi salah satu faktor terpenting yg jadi alasan kenapa mereka mau beli.
Kepercayaan terbentuk karena adanya kedekatan, kedekatan terbentuk karena sudah kenal & ada rasa nyaman.
Sayangnya,
Banyak di antara kita yg mungkin pukul rata semua market tanpa pandang bulu.
Dijualin semua, entah udah kenal ataupun belum.
Jangankan yg belum kenal, yg udah kenal aja kadang males dijualin.
Nah, kali ini Saya mau menjelaskan kategori market yang dibagi jadi 3
- Cold Market
- Warm Market
- Hot Market
Sebagai bahan Anda untuk membedakan leads / friendlist di FB mana saja yg termasuk dalam kategori-kategori market tersebut.
COLD MARKET
Mereka adalah prospek baru, belum kenal Anda, belum tau tentang produk Anda, dan pasti belum pernah beli ke Anda.
Akan jadi Warm Market ketika mereka sering ikuti sharing di grup Anda.
WARM MARKET
Warm artinya Hangat, jadi setidaknya mereka sudah kenal kita, tau apa yang kita jual.
Lebih mudah menjual ke tipe warm dibanding tipe Cold yang masih perlu kita edukasi di awal.
HOT MARKET
Sudah jelas, mereka sudah paham dan teredukasi, mereka lah market yang akan sangat mudah kita beri penawaran.
Sudah pasti untuk mengolah kategori market ini Anda perlu konsisten membagi sesuatu yang bermanfaat di grup Facebook.
Ibaratnya, Grup Facebook Anda adalah KOLAMNYA, orang-orang yang masuk ke grup Anda adalah IKANNYA, dan sharing-sharing bermanfaat dari Anda adalah UMPANNYA, tinggal tunggu MASA PANEN saja, heheu..
Pertama yang perlu Anda lakukan,
BUAT KOLAMNYA
Buat Grup Facebooknya
Gunakan nama grup yang menarik, misal kalau Anda jualan jilbab,namanya grup “KELAS MUSLIMAH BERSAMA NAURA HIJAB” Kalau Anda buka sewa alat camping, nama grupnya “PAGUYUBAN PENDAKI BERSAMA EVEREST ADVENTURE”.
[4/16, 3:55 PM] Rina Ridwan: #KOLAM UANG ITU BERUPA GRUP FACEBOOK
Setelah Anda ngeBoost akun personal, sekarang kita buat lagi “kolam” yang lebih gede.
“Guna nya apa sih Bung bikin grup Facebook? Ngurusin akun personal aja Saya kadang gak kepegang”
Yaelaaah...
Kalau mau bertumbuh ya harus mau mengeluarkan energi lebih, waktu dan tenaga yang lebih besar.
“Jangan Mengharap Hasil Yang Berbeda, dengan Cara Yang Sama”
Ada beberapa keunggulan saat Anda membuat Grup Facebook :
1. Grup Facebook bisa menampung member UNLIMITED, tidak terbatas Anda mau masukan berapapun orang ke dalam grup Anda.
2. Semakin banyak member, semakin mudah Anda menjual produk Anda.
3. Anda bisa mengkonversi atau merubah Cold Market jadi Warm Market bahkan Hot Market yang siap membeli produk Anda.
Ngomong-ngomong, Anda sudah tau kan apa itu Cold, Warm, dan Hot Market??
“Kalau sudah bikin grup, terus gimana cara undang orang buat masuk grup,pak? Kalau invite tanpa ijin biasanya mereka keluar lagi”
Iya, jangan sekali-kali invite orang tanpa permisi.
Caranya, buatlah ‘Leads Magnet’, sesuatu yang gratis seperti eBook, video tutorial, atau yang lainnya, dengan syarat mereka wajib join grup untuk mendapatkannya.
Kolam sudah dibuat, langkah kedua ISI DENGAN IKAN Tadi sudah jelaskan sedikit ya, Anda siapkan ‘Leads Magnet’ Misalnya :
Buat lah eBook yang ada korelasi dengan produk Anda pastinya
Buat video tutorial
Bagi-bagi buku, kaos, sepatu, atau produk lain
Carikan jodoh khusus yang jomblo.. (yang ini ga perlu, hehe)
Kalau mereka sudah masuk grup, berikan sambutan dan sapaan yang hangat.
Buat rules grup dan jadikan pinned post.
Ikan yang baru masuk ini pasti lapar (Cold Market), segera beri mereka makanan, jangan sampai keluar dari kolam karena gak ada makanan.
Anda mesti rajin posting artikel yang bermanfaat, pakai Content Marketing.
BERI UMPAN yang bergizi...
Saya akan sedikit bahas bagaimana cara agar Anda bisa membuat konten yang menarik di grup Facebook Anda nanti.
Sebelum masuk ke jenis – jenis konten, Anda harus tahu dulu tujuan Anda membuat konten tersebut.
Maksudnya di bidik tujuan akhirnya. Misal, Saya ingin konten yang Saya buat untuk mendapatkan share yang banyak, atau like, atau komen.
Caranya adalah dengan memberi kalimat trigger di akhir konten yang Anda buat. Jika Anda ingin konten Anda banyak yang like, Anda bisa menggunakan kalimat ini untuk memancing like:
1. “Like dulu dong status ini...”
2. “Like jika Anda setuju....”
3. “Like jika tulisan ini bermanfaat untuk Anda..”
4. Dan lain sebagainya
Sama halnya jika Anda ingin konten Anda mendapat angka share yang tinggi, maka Anda harus memancingnya dengan kata – kat seperti :
1. “Share jika bermanfaat..”
2. “Share dulu dong!”
Jika Anda ingin tingkat komen Anda tinggi, Anda harus memberikan pertanyaan yang sekiranya pembaca Anda akan menanggapinya.
Contohnya seperti ini:
“Bagaimana dengan materi yang barusan Saya share, menarik bukan?”
“Ada yang masih bingung sama materi yang tadi?”
“Nah kalau Anda bagaimana, Apakah Anda tertarik dengan cara yang Saya jabarkan di atas?”
“Saya ingin tahu ni, bagaimana cara Anda jika Anda mengalami masalah seperti di atas?”
Cara-cara ini sangat efektif untuk membangun engagement yang tinggi.
Pak Awal Syaddad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar